CONTOH KEGIATAN LAB
FISIKA TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN
DENGAN FORMAT
“HANDS-ON/MINDS-ON DISCOVERY”
(BERORIENTASI
KONSTRUKTIVIS)
Pokok Materi Pembelajaran :
Gerak Harmonik Seserhana
Sub Pokok Materi :
Osilasi Pegas dan Gerak Ayunan
Kelas / Semester :
XI/ Ganjil (III).
Waktu :
5 x 45 menit ( 225 menit).
§ Bagaimana
jenis pegas (yang dispesifikasikan dengan tetapan pegas) dan massa beban
mempengaruhi periode getaran/osilasi?
§ Bagaimana
memperoleh bentuk formulasi matematis yang menyatakan hubungan antara
periode(dan/atau) getataran dengan
tetapan pegas dan massa beban?
§
Bagaimana pula panjang tali mempengaruhi periode
ayunan? Apakah massa tali
mempengaruhi periode ayunan sederhana? Bagaimana memperoleh bentuk
formulasi/rumus matematis periode (dan/atau frekuensi) ayunan?
Konsep-konsep dan prinsip- prinsip apa yang
siswa harus temukan dan konstruksikan?
Latar belakang informasi apa yang siswa perlu
miliki sebelumnya ?
Apa yang telah siswa miliki dan apa yang belum?
Informasi baru apa yang diperlukan?
|
> Makin besar tetapan pegas (k) makin kecil
periode getaran.
> Makin besar massa (m) beban makin besar periode getaran.
> Periode getaran/osilasi pegas T = 2p Ö m/k,
atau frekuensi f = 1/2p Ö k/m .
> Besarnya periode getaran harmonis sederhanan berbanding
lurus dengan akar massa beban
yang digantungkan pada pegas,
dan berbanding terbalik dengan
akar tetapam pegas.
> Makin panjang tali (l) makin besar periode ayunan sederhana.
> Periode ayunan ederhana tak bergantung pada massa bandul.
> Besarnya peride ayunan sederhana juga bergantung pada percepatan
gravitasi setempat.
> Periode osilasi ayunan sederhana : T =
2p Ö l/g,
atau frekuensi f = 1/2p Ö g/l .
> Besarnya periode osilasi ayunan sederhana
berbanding lurus dengan
akar panjang tali ayunan dan berbanding terbalik dengan akar
percepatan gravitasi setempat.
o Pengertian periode getaran o pengertian frekuensi o simpangan
o Hukum Newton II o percepatan linier (a) dan percepatan
sudut (w) serta hubungan keduanya.
Perlu dilacak
oleh guru.
Bila ada informasi yang diperlukan tapi belum
dimiliki oleh siswa, guru perlu mengingatkan siswa agar dibahas dalam
diskusi atau siswa yang bersangkutan
diberi tugas tambahan supaya memiliki informasi yang diperlukan itu.
o
tetapan pegas o hukum
Hooke o komponen normal dan komponen
tangensial
gaya. 0 kesetimbangan gaya-gaya.
|
Bahan-bahan apa yang diper- lukan?
|
> Dua buah pegas (minimal) yang berbeda
tetapannya.
> Lima buah beban gantung yang massanya
berbeda (10 gr, 20 gr, 30 gr,
40 gr,
dan 50 gr) dilengkapi statif berskala
mm tempat gantung pegas
>
Stopwatch
>
Mistar (antara 30 – 50 cm)
> tali
(benang).
|
Apa yang akan kita diskusikan?
|
> Apa yang anda pikirkan akan terjadi
terhadap periode getaran jika pegas diganti sementara beban gantungnya tetap?
> Apa pula yang anda pikirkan jika massa
beban gantung yang diubah
besarnya sementara pegasnya tetap?
>
Bagaimana anda mendapatkan hubungan (dalam bentuk rumus) an-
tara
peride getaran (T) dengan massa beban (m) dan tetapan pegas (k)?
|
PROSES
Apa yang akan siswa-siswa lakukan?
Memanipulasi/menyususn
bahan
Mengamati,
Mengukur
Menggunakan
bilangan
Mencatat
data
Memprediksi
Berhipotesis
Bereksperimen
menguji hipotesis
Mengidentifikasi variabel
Menyimpulkan/menginfer
|
Bagian
I :
1.
Sediakan dua buah pegas (berbeda tetapannya) , sebuah beban gantung, sebuah statif tempat
gantung, stopwatch. Gantung pegas pada statif, dan gantungkan beban pada
pegas. Tarik bebabn ke bawah sejauh x
cm, kemudian lepaskan.
2.
Apa yang terjadi? Ukur dan catat waktu untuk 10 getaran. Hitung dan catat
waktu untuk satu getaran.
3.
Apa yang anda perkirakan bila pegas diganti dengan pegas lainnya yang tetapan
pegasnya lebih besar? Lalu buatlah suatu pernyataan (kualitatif) yang anda
perkirakan benar mengenai hubungan antara periode getaran dengan tetapan pegas , dan berikan alasan mengapa
anda berpikir seperti itu
4.
Lakukan percobaan untuk menguji pernyataan yang anda buat.
5.
Dari percobaan ini, nyatakan mana variabel bebas, mana variabel
terikat dan mana variabel kontrol?
6. Buatlah kesimpulan dari hasil percobaan yang
anda peroleh.
|
Apa yang akan siswa-siswa lakukan?
Berhipotesis
Bereksperimen
menguji hipotesis (mengamati, mengukur, mencatat data, menggunakan bilangan ,
mengidentifikasi variabel mengkreasi model, menyimpulkan)
|
Bagian II :
1. Apa yang anda perkirakan terhadap periode
getaran pegas jika massa beban yang digantung pada pegas diperbesar? Buatlah
pernyataan (kualitatif) yang anda perkirakan benar mengenai hubungan antara
periode getaran dengan besarnya massa beban . Beri alasan mengapa anda
berpikir seperti itu.
2. Ujilah pernyataan anda dengan melakukan
percobaan. Untuk setiap beban, ukur waktu untuk 10 getaran. Hitung dan catat waktu untuk satu getaran.
Nyatakan mana variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol?
Petunjuk : Gunakan 5 buah beban (minimal) yang
massanya berbeda, siapkan pula tabel pengamatan terlebih dahulu.
3. Tuangkan hasil pengamatan anda dalam bentuk
grafik (T vs m).
4. Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil
percobaan anda
|
Apa yang akan siswa-siswa lakukan?
Menginfer
Mengkonstruksi
suatu formulasi
(menggeneralisasi)
Menverifikasi
|
Bagian III :
Memperoleh formulasi matematis mengenai hubungan
antara periode getaran pegas dengan tetapan pegas dan massa beban yang
tergantung pada pegas.
1.
Berdasarkan pengetahuan yang telah anda miliki sebelumnya, yaitu :
hubungan
gaya, massa dan percepatan, baik percepatan linier
maupun
percepatan sudut, F =-may = m (-w2y). serta
hukum
Hooke
F = -ky , -w2 = k/m ,
dan w = 2p/T,
diskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan formulasi/rumus
periode T dinyatakan dalam k dan m. Buatlah pernyataan ringkas
(pernyataan kualitatif mengenai rumus/formula tersebut.
2.
Periksa formulasi yang anda buat, apakah ditunjang oleh hasil-hasil
percobaan yang anda lakukan di atas?
|
Apa yang
akan siswa-siswa lakukan?
Memanipulasi
bahan
Mengamati,
mengukur, mencatat data, menggunakan bilangan
Mengidentifikasi
variabel
Berhipotesis
Menguji
hipotesis
(bereksperimen:
memanipulasi bahan, mengamati, mengukur, mencatat data, menggunakan bilangan,
menginterpretasi data, menginfer)
Mengkonstruksi
pengetahuan
Menggeneralisasi
Menverifikasi
|
Bagian
IV :
Menyelidiki
hubungan antara periode ayunan dengan panjang tali dan massa beban yang berayun pada ujung tali.
1.
Ikatkan sebuah benda (massanya x gm),
pada ujung tali (panjangnya
misalnya dipilih = 50 cm). Beri simpangan dari posisi setimbang
kira-kira 15 cm, jangan terlalu jauh. Lepaskan, biarkan benda
berayun.
2. Ukur dan catat waktu untuk 10 kali berayun
(10 ayunan); Tiap kali
simpangannya diatur 15 cm. Hitung dan catat waktu untuk satu
kali
berayun.
3..Ulangi percobaan di atas, tapi panjang tali
menjadi 75 cm,
tapi
massa beban tetap, dan simpangan tetap diambil 15 cm. Ukur lagi
waktu
untuk 10 kali mengayun, dan hitung dan
catat waktu untuk
satu
kali berayun (satu osilasi).
4. Dari langkah 2 dan 3, tentukan mana variabel bebas, mana variabel
terikat, dan mana variabel kontrol?
5. Apakah yang anda pikirkan mengenai pengaruh
massa beban terhadap
periode osilasi ayunan sederhana? Beri alasan mengapa anda berpikir
seperti itu ?
6. Bagaimana cara anda menguji kebenaran pikiran
anda tersebut? Lakukanlah cara yang anda ajukan itu, dan dapatkan data yang
diperlukan (sebelumnya siapkanlah tabel untuk tempat mencatat data) Buatkan
kesimpulan berdasarkan data yang anda peroleh.
7. Bagaimana anda memperoleh bentuk
formulasi/rumus periode osilasi ayunan sederhana? Diskusikan dalam kelompok.,
gunakan pengetahuan yang telah anda miliki sebelumnya, dan gunakan pula
informasi baru yang bisa anda dapatkan dari buku atau penjelasan guru atau
sumber lainnya, seperti yang anda lakukan pada bagian III.1. Dari formulasi
yang konstrusikan itu, buatkanlah pernyataan atau penjelasan kualitatif
mengenai hubungan periode ayunan sederhana dengan panjang tali dan faktor
lainnya yang muncul dalam rumus yang anda dapatkan.
8. Periksa apakah formulasi yang anda peroleh
ditunjang oleh hasil-hasil percobaan yang telah anda lakukan di atas?
|
Apa yang
akan siswa-siswa lakukan?
Mengkonstruksi
suatu model atau penjelasan baru
Mengkomunikasikan
informasi dan ide-ide, atau saling
tukar ide (sharing)
Merumuskan
sejumlah jawaban/solusi atau mereview suatu solusi secara konstruktif
|
Bagian V
Sekarang
gunakanlah pengetahuan baru yang baru saja anda dapatkan untuk memecahkan beberapa soal atau
menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan melalui lembaran soal/pertanyaan
(terlampir). Kegiatan ini sebaiknya anda diskusikan dalam kelompok Anda harus berusaha melampaui tahap ini
dengan sukses.
Catatan untuk guru : Soal-soal dan
pertanyaan-pertanyaan disini harus diran-cang sedemikian rupa agar proses
yang tercantum disebelah kiri bisa berlagsung.
|
Apa yang akan siswa-siswa lakukan?
Menerapkan
atau mentransfer pengetahuan dan ketrampilan, Membagi informasi dan ide,
Mengembangkan dan memperkenalkan ide, Mengajukan gagasan atau pertanyaan-pertanyaan baru atau memunculkan
suatu hipotesis,
Membuat keputusan.
|
Bagian
VI
Siswa
diminta memecahkan satu atau lebih masalah yang diperhadapkan kepada mereka, misalkan
bagaimana memecahkan masalah jam dinding bandul yang mulai lambat; atau
dengan inisiatif sendiri menemukan masalah teknologi di lingkungannya atau
yang ada dalam masyarakat (yang berhubungan dengan pengetahuan yang baru
dikonstrusinya) dan secara kreatif mencoba memecahkannya baik secara
individual maupun secara bersama, misalkan mereka tertarik untuk mengatasi
maalah kekakuan yang terjadi pada shock braker pada sepeda motor; atau
siswa mengajukan suatu rancangan karya inovatif tertentu atau suatu rancangan
penelitian sederhana, misalnya mereka mengajukan rencana untuk meneliti
apakah terdapat perbedaan besarnya percepatan gravitasi rata-rata di daerah
gunung batu dengan di daerah perairan; atau siswa menulis sebuah makalah
untuk dibahas dalam suatu forum diskusi ilmiah atau artikel untuk dimuat dalam jurnal ilmiah, misalnya
menulis laporan hasil penelitian mereka tentang perbandingan perec-patan
gravitasi di dua tempat yang berbeda jenis bebatuannya; atau siswa
mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru untuk dijawab, misalnya apakah
sebuah jam tangan akan menunjukkan waktu yang sama kalau jam tersebut
digunakan oleh astronout di bumi dan di bulan? atau mengajukan hipotesis berlandaskan pengetahuan
yang baru dipelajari-nya untuk diuji kebenarannya, misalnya mereka
memunculkan hipotesis yang berbunyi “terdapat perbedaan yang berarti antara
harga perce-patan gravitasi di daerah gunung batu dengan di daerah perairan
yang diperoleh dengan metode osilasi ayunan sederhana”
|
Bila
dicermati contoh di atas, nampak bahwa bagian awal sampai sebelum bagian I
merupakan tahap invitasi, bagian II sampai dengan bagian IV merupakan tahap
eksplorasi, bagian V meru-pakan tahap pengajuan penjelasan dan solusi,
sedangkan bagian VI merupakan tahap mengambil tindakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar